Setiap aplikasi sadap khusunya untuk ponsel Android memiliki karakter tersendiri menyesuaikan operating system atau OS Android. Penggolongan ini nantinya akan berpengaruh pada perlu dan tidaknya untuk di lakukan rooting atau tidak. Ada aplikasi sadap yang harus di root dan ada juga yang tidak harus di root. Semakin tinggi OS Android yang akan di instal aplikasi sadap biasanya tidak membutuhkan root.

Proses rooting dalam aplikasi sadap sendiri hanya di fungsikan untuk melihat percakapan pesan singkat seperti BBM, WhatsApp, LINE, Facebook dan lainnya atau aplikasi unduhan. Penjelasan lengkap mengenai root silakan baca di sini.

Sebagai contoh di sini adalah aplikasi sadap Spy Phone App, dimana untuk OS Android di bawah Lolipop (OS Android 5.0) wajib di lakukan proses rooting, sebaliknya jika OS sudah Marshmallow atau Nouget tidak di butuhkan proses root. Ada aplikasi lainnya semisal izkid juga tidak perlu di lakukan rooting untuk melihat sadapan WhatsApp dan Facebook, namun minimal OS yang di butuhkan adalah Lolipop.

Ada dua cara mengetahui OS Android yang nantinya akan di pasang aplikasi sadap. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

#Langsung Ponsel
Pada contoh ini menggunakan ponsel merek Samsung tipe Android 4.4.2 atau KitKat. Untuk merek lain letak menu mungkin akan sedikit berbeda. Silakan cek di menu Pengaturan (Settings), geser ke bawah cari menu Tentang ponsel (About device). Silakan lihat di menu Versi Android.


#Dengan Pihak Ketiga
Cara kedua ini sedikit susah karena harus mengetahui tipe ponsel Android yang ingin di sadap terutama tipe atau serinya. Jika ingin membeli ponsel baru bisa menanyakan ke penjual namun pada umunya ponsel keluaran di atas tahun 2016 sudah mendukung versi Lolipop (5.0), Marshmallow (6.0), Nougat (7.0) dan yang terbaru adalah Android O (Android 8.0) yang di prediksi meluncur pertengahan tahun 2017.

Jika Anda suah tahu seri ponsel yang ingin di sadap, sebagai contoh adalah Samsung Galaxy A5, tipe ini ada 2 yaitu Samsung Galaxy A5 2006 dan Samsung Galaxy A5 2017. Silakan masuk ke situs www.gsmarena.com, pada kolom pencarian silakan masukkan seri ponsel misal Samsung Galaxy A7 2017. Atau silakan langsung cari di mesin pencari dengan kata kunci “Samsung Galaxy A5 207 gsmarena”.

Pada menu PLATFROM terdapat tulisan OS yaitu Android 6.0.1 (Marsmallow). Bisanya dalam situs ini juga akan menampilkan jika versi Android tersebut bisa di update ke versi yang lebih tinggi / update . Jika hanya ada tulisan seperti pada gambar diatas artinya OS yang di dapatkan ‘mentok’ di Marsmallow saja.

Jika dengan kedua cara di atas masih tidak dapat mengetahui tipe OS atau versi Android ponsel yang ingin di sadap silakan sampaikan dalam kolom komentar. Akhir kata selamat mencari.

Cara Mengetahui OS Android
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published.